Selasa, 22 Desember 2009

Batas Tanpa Batas

Semua makhluk di dunia ini memiliki batasnya masing-masing. Batas sebuah tumbuhan, yaitu tidak bisa berfikir, tidak bisa berjalan, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, tumbuhan mempunyai sesuatu yang tanpa batas. Mereka dapat memperbanyak daunnya untuk menyerap sinar matahari sebanyak-banyaknya, dapat membuat makanannya sendiri tanpa batas selama bahan untuk membuat makanan tersedia. Batas binatang antara lain mereka tidak punya akal atau pikiran, tidak bisa membuat makanan sendiri, dan tidak dapat menciptakan peralatan seperti kendaraan. Akan tetapi, mereka mempunyai kelebihan tanpa batas, mereka dapat berburu makanan selama buruannya belum habis.

Batas seorang manusia tentu juga banyak, antara lain manusia mempunyai pikiran yang terbatas, kekuatan manusia terbatas, dan daya ingat manusia terbatas. Akan tetapi, pengetahuan yang ada tidak tebatas. Pengetahuan di dunia ini akan selalu ada, banyak pengetahuan yang tidak diketahui manusia sehingga manusia dapat mencari sebanyak-banyaknya, termasuk pengetahuan tentang agama yang kita anut. Dari semua yang sudah diuraikan, hanya satu yang tidak mempunyai batas di dunia ini, yaitu Allah SWT. Allah SWT mempunyai kekuasaan yang tak tebatas, penglihatan yang tak terbatas, pendengaran yang tak tebatas. Sehingga kita berkewajiban untuk beribadah kepadaNya, karena Dialah yang menciptakan kita dan memberi kita kenikmatan tanpa batas.

 

Referensi :

Dana Nawzar Ali. 2009. Artikel Batas tanpa agama atau agama tanpa batas. http://www.commongroundnews.org/article.php?id=25681&lan=ba&sid=1&sp=0. 22 Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar